Berbagi Cerita, Kisah Inspiratif Islam, Ilmu dan Berita Dunia Islam

3 Sikap Sumber Malapetaka Bagi Diri Dan Orang Lain



Prediksi malaikat tentang manusia memang merupakan benar-benar menjadi sebuah kenyataan. Dimana manusia hidup dibumi hanya akan membuat kekacauan dan pertumpahan darah. Meskipun akhirnya malaikat menyadari betapa sulitnya menjadi seorang manusia. Dan semua itu mereka sadari disaat ada dari golongan mereka yang harus mendekam dibawah tanah untuk merasakan siksaan hingga dunia ini berakhir. Semua itu terjadi karena nafsu yang ada dalam jiwa manusia. Sungguh nafsu adalah sumber dari segala sikap yang membuat diri dan orang lain sengsara. Ada 3 sikap sumber malapetaka bagi diri dan orang lain, sikap ini berawal dari nafsu yang tidak kita sadari. Sehingga kita terjebak didalamnya dan akhirnya memberikan kerugian bagi orang lain dan kita sendiri.

Jika saja kita lebih teliti untuk lebih menyadari diri sendiri, maka sikap ini akan jauh dari perlakuan kita. Namun banyak yang juga yang lalai, bahkan tidak menyadarinya sama sekali. Ketika ia diingatkan dengan hal itu maka hanya akan membangkitkan emosinya. Sungguh ini merupakan sumber dari kehancuran bagi diri dan orang yang bersamanya. 

Inilah sikap-sikap yang perlu kita hindarkan dari diri kita :

     1.   Iri dan Dengki
Sikap ini timbul biasanya disebabkan merasa tersaingi. Karena orang yang dilihatnya merasa lebih dari dirinya. sikap ini sangat berbahaya jika masih tumbuh subur disekitar kita. Karena pemikirannya, hanya tertuju bagaimana kita agar terjatuh dan lenyap dihadapannya. Susah lihat orang senang dan senang lihat orang susah. Pernyataan ini sangat umum bagi mereka yang didalam dirinya tertanam rasa iri dan dengki. Anak adam bernama qabil lah yang pertama sekali memiliki sikap ini sehingga berujung dengan pembunuhan pertama dimuka bumi.
 
     2.   Rakus (tamak)
Banyak kesengsaraan yang dialami akibat dari sikap ini. Betapa banyak masyarakat yang menderita akibat dari perbuatan ini. Contohnya saja kita lihat dinegri kita yang kaya dengan sumber daya alam yang melimpah, namun kita lihat masyarakatnya masih banyak yang miskin. Keinginan yang satu tidak akan terpuaskan dengan adanya keinginan yang kedua, dan keinginan yang kedua belum juga terpuaskan dengan keinginan yang ketiga. 

Begitulah seterusnya tanpa ada hentinya jika masih terpelihara dalam diri manusia. Selain dari pada orang lain yang ikut merasakannya, bahwa orang yang tamak tersebut tidak akan tenang diatas tempat tidur sehingga ia akan berbuat dengan segala cara untuk mendapatkan segala keinginannya. Jelas bahwa tidak akan ada sedikitpun terfikir dengan hak orang lain. Yang jauh lebih membutuhkan dari dirinya.

     3.   Sombong
Sikap yang satu ini adalah merupakan sikap yang paling banyak menjangkiti orang kaya. Karena dengan harta yang ia miliki ia merasa telah hebat dari semua orang yang dihadapinya. Ia merasa anggap remeh terhadap orang lain. bahkan dikalangan orang yang berilmupun demikian. Ia akan menganggap dirinya hebat dari orang lain, dan merasa orang lain kecil dihadapannya. Padahal didunia ada istilah diatas langit masih ada langit, dengan arti kata sebanyak apa pun harta yang dimiliki masih ada yang lebih dari pada kita. Dan sehebat apa pun keahlian kita, masih banyak orang yang tau dari apa yang tidak kita mengerti.

Semoga kita dapat menghilangkan sikap  demikian, agar kita dapat meraih dengan mudah apa yang merupakan cita-cita yang sudah tergambar dari pemikiran kita.

Khusus Buat Sobat Yang Ingin Serius Hadapi Ujian CPNS Tahun Ini. Kamu bisa Latihan CAT CPNS Online Gratis di >>> Latihan CAT CPNS Gratis

Back To Top