Berbagi Cerita, Kisah Inspiratif Islam, Ilmu dan Berita Dunia Islam

Inilah Cara Ampuh Mencapai Kesuksesan Dalam Hidup



Memang sudah kodrat manusia hidup didunia yang tidak akan terlepas dari segala permasalahan.  Tergantung manusia itu sendiri dalam mengelola segala permasalahan tersebut.  Jika ia ingin mencapai sebuah tujuan maka banyak hal yang harus difikirkan agar dapat melakukannya dengan baik. Sehingga menghantarkannya menuju tujuannya. Ada langkah-langkah yang ingin saya beritahukan kepada anda. Jika ingin menghantarkan anda menuju gerbang kesuksesan.

     1.   MENCARI KAWAN DAN MENGHINDARI LAWAN
Manusia tidak akan bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Karena hidup kita sudah ditakdirkan oleh Tuhan yang Maha Kuasa untuk saling berketergantungan dan saling melengkapi antara sesamanya. Dengan adanya saling ketergantungan maka timbul lah sebuah wadah yang bernama pergaulan. Walaupun anda sekarang berada pada posisi diatas atau memegang suatu jabatan. 

Tahukah anda bahwa dengan pergaulanlah yang menghantarkan anda pada posisi tersebut. Maka jangan lupakan sahabat, rekan, relasi maupun teman-teman anda. Karena dengan adanya mereka secara tidak langsung mereka ada pengaruh dalam meniti karir ataupun untuk meraih apa yang merupakan tujuan anda. Hindarilah sifat egois dalam pergaulan agar tetap menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Dengan menghindari sifat egois kita telah menempatkan diri untuk  menjauhi kawan menjadi lawan. Perbanyaklah kawan anda, untuk membentuk wadah pergaulan, dan anda akan menjadi orang yang dikenal. Dan tetaplah konsisten untuk tidak bertindak egois.

     2.   MENGHARGAI SESEORANG
Setelah anda telah banyak memiliki teman atau kawan. Timbulkanlah sikap untuk menghargai orang lain. Dengan menjadikan orang lain berharga maka dia akan merasa sangat diistimewakan. Perlu anda ingat, bahwa anda tidak akan berharga jika anda belum bisa menghargai orang lain. Jangan tunggu orang lain untuk menghargai anda. Tapi awalilah dari diri anda sendiri, maka so pasti anda juga akan menjadi sangat berharga dimata mereka. 

Dengan mendengarkan pembicaraan orang lain yang mungkin pada saat itu ia senang untuk membicarakannya, walaupun terkesan sangat membosankan biarkan diri anda sebagai pendengar yang budiman. Dan imbangi pembicaraan yang ia bicarakan. Agar ia nyaman dan senang terhadap anda. Ini adalah strategi untuk anda jika ada sesuatu keinginan dari yang orang yang anda ajak berbicara. Karena jika ia telah terperangkap dengan sikap anda, berat rasanya untuk menolak permohonan anda. Dan satu hal yang perlu anda ingat !! bahwa jangan menonjolkan diri anda dengan bercerita dengan kelebihan anda. Karena itu adalah merupakan hal yang memuakkan bagi orang lain. Apalagi dengan orang yang hendak anda maksudkan.

     3.   MENARUH PERHATIAN KEPADA ORANG
Dalam kehidupan sehari-hari, menaruh perhatian kepada seseorang memang sangat penting. Seseorang akan senang bila dirinya selalu diperhatikan. Dia akan bangga dengan sifat anda ini. Dengan cara demikian anda akan banyak mendapatkan teman. Jika anda menaruh perhatian kepada seseorang maka sebaliknya orang yang anda perhatikan justru bisa lebih memperhatikan anda. Yang pada akhirya menciptakan suatu persahabatan. 

Ini adalah pengalaman Charles R Walters seorang kuasa usaha disalah  satu Bank di New York, ia ingin mengetahui satu rahasia yang berhubungan dengan urusan dagang didalam onderneming. Adapun orang yang tahu tentang rahasia itu, satu-satunya adalah direktur  onderneming terbesar. 

Ketika walters berada dikantor direktur, diapun melihat sekretaris perempuan bercakap-cakap dengan direktur perusahaan tersebut. “hari ini saya tidak dapat mengumpulkan perangko Pak. Karena tak ada surat yang masuk”

Walters tahu bahwa direktur tersebut sedang mengumpulkan perangko pesanan anaknya. “saya sedang mengumpulkan perangko untuk pesanan anak saya” kata direktur tersebut kepada walters.
Hari berikutnya ketika walters berhadapan dengan direktur tersebut, diapun membawakan perangko sebanyak-banyaknya.  Setelah bercakap-cakap beberapa menit lalu walters mengeluarkan perangko bekas yang tersimpan ditasnya.
“ini saya bawakan perangko bekas untuk anak Bapak” , kata walters sembari mengeluarkan perangko tersebut maka bukan main senangnya sang direktur. “wah tentu anak saya akan senang sekali melihat perangko yang begini banyaknya” .

Tidak terasa pembicaraan direktur itu beralih tentang anaknya. Walterpun tahu bahwa seseorang yang sedang membicarakan sesuatu tentang dirinya dan tentang anaknyadan keluarganya yang perlu di “iya”kan dan dipujinya. 

Mendengar pujian walters bukan main senang Bapak Direktur. Tak terasa Pak direktur juga memperhatikan walters. Nah, pada kesempatan inilah walters menanyakan rahasia yang dimaksudkan. Tentu saja dengan senang hati sang direktur menceritakan rahasia perusahaannya. Dan walters pun pulang dengan kemenangan.

Dari sini kita bisa mengambil hikmah cerita pengalaman walters. Tanpa taktik jitu tentu dia tidak akan berhasil untuk mengetahui rahasia perusahaan yang ingin ia ketahui tersebut. Oleh sebab itu anda jangan lupa untuk menaruh perhatian kepada seseorang. Pasti anda berhasil…

     4.   LIDAH YANG MANIS, DAN TAJAM BAGAIKAN PEDANG
Banyak manusia yang terbius dengan perkataan yang manis. Tak sedikit para pemuda pemudi yang kecewa karena pengaruh rayuan-rayuan kekasihnya. Itulah kenyataan bahwa kata-kata seseorang bisa membius seseorang. Berbicaralah yang manis dan menarik sehingga anda mampu mengikat jiwa seseorang. Dengan memuji dan membuat mereka terasa berharga. Tanyakan tentang profesi mereka dan yang menyangkut dengan profesinya. Yang penting apa yang merupakan bagian yang ia  senangi.  

Rosevelt menyatakan “jalan untuk menarik seseorang, untuk memikat hatinya adalah berbicara dengannya apa yang merupakan kegemarannya”

Rosevelt adalah mantan President Amerika yang disukai oleh masyarakat. Dari kelas bawah hingga kelas atas. Setiap mereka yang bertamu kerumahnya akan terpikat kepadanya.  Karena beliau berupaya agar setiap orang yang menjumpainya tetap selalu memberikan kesan yang menarik.

     5.   TUNJUKKAN JIWA SENASIB DAN SEPENANGGUNGAN
Manusia pada umumnya selalu menceritakan segala keluhan yang ada dalam dirinya. Dan sudah merupakan watak manusia seperti demikian, karena dengan meluapkan perasaannya pada orang lain dia mencoba untuk melepaskan segala penat yang ada dalam fikirannya. Berharap orang lain untuk memecahkan permasalahannya ataupun hanya sekedar meluapkannya saja. Nah.. disaat seperti ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan sikap senasib dan sepenanggungan. Karena dengan menunjukkan sikap tersebut. Maka kehadiran anda adalah hal yang tak akan terlupakan baginya. 

Ketika anda mampu menyelaminya, dan menceritakan lebih berat permasalahan yang anda hadapi dari pada ia, tanda kutip ada kesamaan dengan permasalahannya. Maka dia akan menganggap bahwa masih ada yang lebih berat masalahnya dibandingkan dengan apa yang ia rasakan. Namun jangan sampai anda ikut terlarut dalam permasalahannya, yang sehingga menambah kesedihannya. Tapi lakukan lah cara untuk membuatnya tersenyum dan mau berdiri untuk bangkit. Jika anda sanggup untuk membantunya maka lakukanlah. Namun jika tidak, maka berikanlah solusi padanya. 

Sikap yang seperti ini menunjukkan sikap kesetia kawanan. dan suatu saat anda akan menuai manfaat dari seorang yang bersangkutan. Yang menghantarkan anda dalam kesuksesan.

     6.   JAUHILAH PERMUSUHAN
Terkadang permasalahan hidup yang menuai permusuhan adalah berdebat. Ternyata kemenangan dalam berdebat menjadi suatu beban tersendiri, karena kita harus dituntut untuk berbuat sesuai dengan apa yang kita pertahankan. Namun jika memang benar apa yang merupakan kita pertahankan kita memang harus siap dengan apa yang kita katakan. 

Jika anda tidak sepaham dengan pendapat rekan anda, sanggahlah perkataannya dengan baik. 

Adapun contoh yang bisa anda pakai sebagai berikut :
-         Saya setuju dengan pendapat saudara, hanya saja….
-         Apa yang anda katakan memang benar Cuma….
-  Dan masih banyak metode yang bisa anda gunakan untuk menyanggahnya tanpa menimbulkan permusuhan, namun menyanggahnya mesti dengan alas an yang sangat tepat agar tidak terkesan mengada-ada. Dan orang yang disanggah merasa puas dengan jawaban anda.

Namun jika posisi anda pada saat disanggah maka bersabarlah dan jangan tanggapi dengan perasaan emosi. dan bawa senyum dan tertawa.  Enjoy aja… mungkin ada sesuatu hikmah didalamnya. Yang terpenting jauhi permusuhan… karena permusuhan akan mengurangi gerak anda dalam bergaul.

     7.   BUANG SIKAP DENDAM
Semakin tinggi dahan maka semakin besar angin yang menerpa. Begitulah kira-kira istilah bagi orang yang menuju orang yang sukses. Orang besar dan sukses dalam memimpin tidak jarang menerima cacian dan hinaan. Kehidupannya penuh tantangan yang menghadang. Setiap melangkah tidak lepas dari sebuah kritikan. Tetapi mereka menerima hinaan dan kritikan dengan lapang dada. Karena itu semua adalah pengalaman untuk lebih mengoreksi diri. Untuk berupaya menjadi lebih baik. Namun jika telah benar dalam posisi yang dilakukan maka anggap saja dengan angin yang berlalu. 

Mungkin mereka iri dengan apa yang telah anda lakukan. Buanglah sikap dendam anda. Karena dendam hanya mengacaukan fikiran anda. Sehingga suatu waktu dendam anda bisa meledak karena anda telah memeliharanya, sehingga berkembang lebih besar. Dan hasil yang akan anda dapatkan hanyalah sebuah penyesalan nantinya. Alat yang digunakan sebagai pengganti dendam adalah perhatian. 

Sikap perhatian mampu meluluhkan hati yang membenci anda.
So… tetaplah optimis dalam menggapai sebuah keinginan. Dengan melakukan hal-hal yang terbaik diatas semoga anda sukses dalam pergaulan, sukses dalam karir, sukses dalam mencapai keinginan dan sukses dalam hidup.

Khusus Buat Sobat Yang Ingin Serius Hadapi Ujian CPNS Tahun Ini. Kamu bisa Latihan CAT CPNS Online Gratis di >>> Latihan CAT CPNS Gratis

Tag : Inspiratif
Back To Top