Berbagi Cerita, Kisah Inspiratif Islam, Ilmu dan Berita Dunia Islam

Inilah Kedahsyatan Sebuah Ilmu



Sungguh luar biasa peranan ilmu dalam kehidupan. Jika saja ilmu tidak ada dalam kehidupan, kita bisa jadi seperti hewan yang ada dihutan. Dimana manusia tidak memandang mana yang baik dan mana yang buruk….  Yang ada hanyalah ,siapa yang kuat dialah raja, dan yang bagi mereka yang  lemah akan menjadi budak… tanpa memperdulikannya bagaimana dengan orang lain.

Namun Seiring dengan perjalanan jaman, ilmu dan teknologi semakin lama semakin mengalami perkembangan. Sehingga manusia mampu menempatkan sesuatu dengan berdasarkan ilmu dan logika. Dan percaya bahwa segalanya dapat terwujud dan tercipta.

Memang, kadang ketika mereka mengerti dengan ilmu. Maka tidak sedikit orang yang terjatuh dalam kesesatan. Sehingga segala sesuatu diukur dengan logika, dan mengabaikan bahwa ilmu adalah merupakan anugrah tuhan untuk lebih mengenalnya. Seakan terlupa bahwa Tuhan jugalah yang menentukan hasilnya. 

ini adalah bagi mereka yang benar-benar mengerti dengan ilmu itu sendiri……
Bagaimana pula dengan kita…..????
Masih banyak kita yang tidak mengerti dengan ilmu itu sendiri….
Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam postingan ini.. Karena kadang tidak sesuai dengan apa yang kita alami. Namun izinkanlah saya untuk menorehkan sedikit pemikiran yang terlintas dalam benak saya didalam artikel ini.
Sebuah kenyataan yang memang terjadi. Banyak yang sekolah tapi tidak tahu apa yang mau dicari dari sekolah. Banyak yang belajar namun tidak mengerti untuk apa dia belajar
sehingga arah dan tujuannya masih dikatakan mengambang..

Lihatlah Negara Jepang yang saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ketika Negara Jepang mengalami kekalahan, setelah 2 kota besarnya dijatuhi oleh bom nuklir Amerika Serikat pada perang dunia kedua. Membuat kondisi ekonomi Jepang mengalami keterpurukan. Yang dilakukan sang kaisar adalah mengumpulkan para ilmuan dan mentitahkan mereka untuk memikirkan dan membuat bagaimana agar kota tersebut dapat pulih kembali.

Kaisar Bahkan mengutus para ilmuan belajar kenegara yang maju. agar ilmu tersebut dapat dibawa pulang kenegaranya. Sehingga memberikan perubahan yang signifikan bagi negaranya. Inilah salah satu bukti betapa kaisar mengerti, akan pentingnya ilmu. Karena dengan ilmu dapat merubah negaranya menjadi lebih maju.
 
Mari kita pahami secara mendasar mengenai arti ilmu. Ilmu berasal dari kata bahasa arab, yang beratikan pengetahuan (I’lmun). “Dengan arti kata sesuatu yang belum diketahui menjadi diketahui”. Dengan asbab ilmu kita mampu untuk mengetahui, apa-apa saja yang belum kita ketahui..
Berikut sebuah contoh yang kecil :
“Jika saja orang tua tidak memberitahukan (mengajarkan) anaknya cara memakai sendal. Mungkin sampai besar anak tersebut tidak akan tahu bagaimana untuk memakai sendal..”
memang terlihat agak sepele namun jika itu terjadi maka akan memberikan dampak yang sangat negatif terhadap anak itu sendiri. Begitulah posisi ilmu, yang sebenarnya merubah pemikiran anak tersebut dari yang tidak tahu menjadi benar-benar tahu.

Dalam kehidupan yang kita jalani ini, Kita sangat membutuhkan ilmu yang lebih banyak agar langkah selalu sukses dan berhasil. Karena tanpa ilmu anda tidak akan mampu meraih mimpi keberhasilan. Dan sebagai catatan bahwa kunci ilmu adalah kepahaman. Jika anda belajar tanpa berupaya untuk memahaminya. Maka akan teramat sulit untuk menerapkannya, bahkan semuanya tidak akan ada penerapan sama sekali. Karena dengan memahami ilmu anda akan dituntut untuk berupaya menggali dan mengkajinya. Dan anda akan bisa merubah dunia anda dengan ilmu.

Maka dengan itu sahabat …
Gali potensi anda untuk lebih banyak tahu (ilmu), agar dapat diterapkan dalam kehidupan. Demi Menuju perubahan yang lebih baik …. !!!!

Khusus Buat Sobat Yang Ingin Serius Hadapi Ujian CPNS Tahun Ini. Kamu bisa Latihan CAT CPNS Online Gratis di >>> Latihan CAT CPNS Gratis

Tag : Inspiratif
Back To Top