Berbagi Cerita, Kisah Inspiratif Islam, Ilmu dan Berita Dunia Islam

Inilah Ucapan Yang Mengecilkan Setan hingga Sebesar Lalat



Berikut ini Berita Islam akan memberikan kabar tentang Ucapan yang dapat mengecilkan setan hingga sebesar lalat. Kita mengetahui bahwa setan adalah musuh manusia yang nyata, meskipun ia tidak tampak. Namun bisikannya sangat terasa ketika kita diajak untuk ibadah, maka sangat berat rasanya.  
Namun ada satu yang perlu kita ketahui bahwa kita sebaiknya jangan mencela dan mengumpat syetan. Ini adalah anjuran Rasulullah agar tidak mencelanya dalam setiap apa yang kita lakukan karena ketika kita mengumpatnya maka dia akan membesar sebesar rumah.
Tetapi sebaiknya kita dianjurkan untuk mengucapkan “Bismillah” atau lengkapnya “bismillahirrahmaanirrahiim”. Kalimat ucapan ini dapat membuat setan mengecil hingga berukuran lalat.
Karena sebuah hadits shahih menegaskan bahwa Abu Dawud dari Walid Abu Malih, ayahnya yang pernah dibonceng Rasulullah menceritakan:

كُنْتُ رَدِيفَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَعَثَرَتْ دَابَّتُهُ فَقُلْتُ تَعِسَ الشَّيْطَانُ . فَقَالَ لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

Ketika aku dibonceng Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, “Celakalah syetan.” Maka beliau bersabda, “Jangan kamu katakan, ‘celakalah syetan,’ sebab jika kamu katakan seperti itu maka syetan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya syetan akan berkata; ‘itu terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah ‘Bismillah’ sebab jika engkau mengucapkan basmalah syetan akan mengecil hingga seukuran lalat.” (HR. Abu Dawud)
Maka dengan itu sebaiknya kita mulai segala kegiatan kita dengan mengucapkan “Bismillah”.
Dan yang paling terpenting untuk kita pahami bawah Hadits tersebut mengajarkan kepada kita agar tidak memperturutkan kemarahan dan emosi dengan mengumpat. Tidak pula diperkenankan mengkaitkan musibah atau kecelakaan yang kita alami dengan keyakinan bahwa itu terjadi akibat ulah syetan.
Tetapi sandarkanlah kepada Allah dengan membaca nama-Nya, berlindunglah kepada-Nya dari gangguan syetan serta mara bahaya seraya meyakini bahwa tidak ada yang dapat melindungi kita dan tidak ada yang kuasa menimpakan bahaya kecuali Allah Azza wa Jalla. Dan itulah Seharusnya. [bdwh]

Khusus Buat Sobat Yang Ingin Serius Hadapi Ujian CPNS Tahun Ini. Kamu bisa Latihan CAT CPNS Online Gratis di >>> Latihan CAT CPNS Gratis

Back To Top