Berbagi Cerita, Kisah Inspiratif Islam, Ilmu dan Berita Dunia Islam

Kisah Sahabat Nabi : Karomah Hanzhalah RA



Hanzhalah bin Abu Amir adalah anak pemimpin suku Aus yang terbilang orang kaya diMadinah. Beliau adalah Salah seorang sahabat yang setia dan juru tulis Rasulullah SAW yang terkenal. Ketika peperangan Uhud meletus beliau baru saja dinikahkan. Oleh karena itu Rasulullah mengecualikan beliau dari turut serta ke medan peperangan. Inilah cara Rasulullah untuk merayakan kebahagiaan sahabat baginda.

Namun ketika Hanzalah terjaga dari tidurnya, beliau mendengar gendang perang dibunyikan begitu kuat sekali. Melalui seorang sahabatnya beliau mendapat berita bahwa tentera Islam mendapat tantangan yang hebat dan dalam keadaan terlalu genting.

Tanpa membuang waktu lagi Hanzalah lalu memakai pakaian perang lalu mengambil pedang. Dia menuju ke medan tempur tanpa sempat mandi junub.

Maka terjadilah pertempuran hebat sehingga banyak dari pihak Islam yang gugur syahid. Pihak musuh telah menyerang dari belakang. Pasukan islam mengalami kekalahan akibat tidak mematuhi Pesan Rasulullah Akhirnya Hanzalah turut menjadi korban dalam keadaan sedang junub.

Karomah Yang Allah berikan kepada sahabat Nabi ini merupakan sebuah keistimewaan yang sungguh luar biasa. Ketika Jenazahnya terbujur kaku diatas tanah ternyata Rasulullah Melihat jenazah Hanzhalah dimandikan oleh para Malaikat diantara langit dan bumi dengan air hujan yang ditempatkan dalam tempayan yang terbuat dari perak.
Lalu Abu Usaid al-Sa`idi berkata, "Ketika Kami pergi melihat Jenazah Hanzhalah, kami dapatkan kepalanya meneteskan air”.

Semoga Kisah karomah Hanzhalah ini memberikan Inpirasi bagi kita untuk meningkatkan iman dan amal ibadah kita kepada Allah. Insya Allah..


Khusus Buat Sobat Yang Ingin Serius Hadapi Ujian CPNS Tahun Ini. Kamu bisa Latihan CAT CPNS Online Gratis di >>> Latihan CAT CPNS Gratis

Back To Top